A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/tmp/ci_sessionee6cf01dae1898db8cff63890672ec8c468163d6): failed to open stream: No such file or directory

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 176

Backtrace:

File: /home/puslitpeniainptk/public_html/index.php
Line: 294
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /tmp)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/puslitpeniainptk/public_html/index.php
Line: 294
Function: require_once

Pengantar Juknis 2022

Pengantar Juknis 2022

SAMBUTAN REKTOR IAIN PONTIANAK

Segala puji bagi Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, taufiq, hidayah, serta Inayah-Nya, sehingga petunjuk teknis penelitian berbasis akreditasi IAIN Pontianak tahun anggaran 2022 ini dapat terselesaikan. Penyusunan petunjuk teknis penelitian berbasis akreditasi ini dimaksudkan untuk menjadi panduan (guidance) bagi dosen peneliti di lingkungan IAIN Pontianak tahun 2022. Kehadiran petunjuk teknis penelitian berbasis akreditasi ini diharapkan dapat memberikan arahan, pengendalian, dan kesamaan pemahaman bagi seluruh stakeholder dalam pelaksanaan kegiatan penelitian yang sumber pendanaannya berasal dari DIPA IAIN Pontianak, sehingga dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas, yang dapat dimanfaatkan bagi pemecahan masalah kehidupan masyarakat. Penyusunan petunjuk teknis ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, termasuk pentingnya penelitian bagi program studi karena tuntutan akreditasi 9 standar, perlunya akselerasi publikasi pada jurnal internasional bereputasi, dan pentingnya unit-unit untuk memperbaiki kinerjanya serta dukungan terhadap kegiatan yang mengarah pada pencapaian visi dan misi Institusi. Oleh karena itu, pada tahun 2022 ini penelitian dibagi menjadi penelitian kompetitif dan penelitian penugasan. Semua penelitian diarahkan menuju pencapaian visi dan misi tersebut dengan indikator adanya muatanmuatan/isi penelitian tentang Borneo. Meskipun demikian, semua judul penelitian harus terintegrasi pada pembelajaran, mendukung program studi dan mengarah pada pencapaian visi dan misi institusi. Semoga petunjuk teknis penelitian ini bermanfaat bagi peningkatan tata kelola pelaksanaan, output dan outcome penelitian di lingkungan IAIN Pontianak, serta mendukung terwujudnya visi, misi, dan rencana strategis IAIN Pontianak.

Pontianak, 6 Desember 2021

Rektor IAIN Pontianak

Dr. Syarif, S.Ag, M.A

SAMBUTAN KETUA LP2M IAIN PONTIANAK

Segala puji bagi Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, taufiq, hidayah, serta Inayah-Nya, sehingga penyusunan buku petunjuk teknis penelitian berbasis akreditasi IAIN Pontianak tahun anggaran 2022 ini dapat terselesaikan. Penyusunan pedoman penelitian ini dimaksudkan untuk menjadi panduan (guidance) bagi dosen peneliti di lingkungan IAIN Pontianak, baik dalam mengakses maupun merealisasikan bantuan dana penelitian tahun 2022. Kehadiran petunjuk teknis penelitian berbasis akreditasi ini diharapkan dapat memberikan arahan, pengendalian, dan kesamaan pemahaman bagi seluruh stakeholder dalam pelaksanaan kegiatan penelitian yang sumber pendanaannya berasal dari DIPA IAIN Pontianak, sehingga dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas, yang dapat dimanfaatkan bagi pemecahan masalah kehidupan masyarakat. Semoga pedoman penelitian ini bermanfaat bagi peningkatan tata kelola pelaksanaan maupun peningkatan hasil penelitian dosen di lingkungan IAIN Pontianak, demi mendukung terwujudnya visi, misi, dan rencana strategis IAIN Pontianak.

Pontianak, 6 Desember 2021

Ketua LP2M IAIN Pontianak

Sukardi, SH. M.Hum

KATA PENGANTAR KELAPA PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN

Alhamdulillah, Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala karunia dan hidayah-Nya, sehingga amanah untuk penyusunan buku pedoman penelitian berbasis akreditasi IAIN Pontianak untuk tahun anggaran 2022 dapat kami laksanakan dan selesaikan, Amiin. Pada tahun 2022 ini, IAIN Pontianak melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) menfasilitasi 4 (empat) kluster penelitian, yaitu; 1) Penelitian Takhassus Riset (penelitian dasar interdisipliner) sebanyak 21 judul penelitian, 2) penelitian beorientasi Matching (Penelitian Dasar Pengetahuan/pengembangan prodi) sebanyak 21 penelitian, 3) Penelitian Pengembangan Budaya Borneo Berbasis Keislaman sebanyak 5 penelitian, dan 4) penelitian Research and Development sebanyak 6 judul penelitian. Dalam proses penyusunan pedoman penelitian ini, selain tetap mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN), juga mempertimbangkan hasil analisis dan kebutuhan peningkatan tata kelola penyelenggaraan penelitian di IAIN Pontianak. Kebutuhan akreditasi program studi terhadap penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa merupakan keniscayaan dalam akreditasi, oleh karena itu diberikan porsi tersendiri bagi program studi dalam rangka membantu akreditasi. Akhirnya, sehubungan dengan telah selesainya penyusunan pedoman ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan dan masukan, semoga menjadi amal kebaikan bagi kemajuan IAIN Pontianak, Aamiin.

Pontianak, 6 Desember 2021

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan

Dr. Imron Muttaqin, S.Pd.I, M.Pd.